Perbedaan Bisnis Syariah Dan Konvensional Yang Perlu Anda ketahui

perbedaan bisnis syariah dan konvensionalPerbedaan Bisnis Syariah Dan Konvensional Yang Perlu Anda ketahui, Pada dasarnya, bisnis Islami dikendalikan oleh aturan syari’ah dalam memanfaatkan harta dengan rambu-rambu baik-buruk, halal-haram, benar-salah, dan sebagainya. Berbeda dengan bisnis nonIslami yang berprinsip sekuler (kehidupan yang tidak percaya adanya tuhan, kitab suci dan hari kemudian). Dengan prinsip sekularisme yang dianut oleh bisnis nonIslami, nilai-nilai yang dianut hanyalah nilai material. Sehingga bisnis nonIslami tidak mempersoalkan aturan halal-haram, benar-salah, dalam usaha mencapai tujuan bisnisnya.

Contoh kita lihat pada manajemen pemasaran dan manajemen SDM, pada bisnis Islam harus dalam koridor halal, namun pada bisnis Non Islam menghalalkan segala cara, pada titik pemasaran mungkin bisnis non Islam merasa mendapat keuntungan yang sangat besar karena berhasil mempengaruhi konsumen dengan cara mereka yang bebas, dengan menipu, mengurngi timbangan dan lainya, namun pada sisi ketahanan waktu berama lama bisnis mereka akan bertahan akan cenderung umur mereka pendek dan bangkrut. Karena konsumen kecewa dengan prilaku produsen yang menipu dan cenderung memperkaya diri, berbeda dengan bisnis Islam, Islam mengajarkan dalam koridor yang halal tidak memaksa dan tidak menipu, hasil yang didapatkan dilihat para konsumen untuk kemakmuran bersama, sama-sama diuntungkan, dan bisnis Islam akan semakin berkembang dan menjadi lebih besar. Pada manajemen SDM, prilaku ditunjukkan pada majikan, namun dalam Islam sangat berbeda, prilaku ditunjukkan kepada Allah SWT.
Pada bisnis Non Islam karyawan bisa saja berprilaku baik didepan majikan namun ketika majikan tidak ada dalam kantor karyawan seenaknya sendiri, berbeda dengan Islam mereka dengan niat yang ikhlas karena Allah SWT, kerja keras, jujur, dan disiplin tinggi. Ada atau tidak majikan sikap mereaka dalam bekerja tetap sama, karena mereka percaya semua yang dikerjakan diawasi oleh Allah SWT.
semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5B3EE8CA50191